Agenda Setting dan Kredibilitas Harian Tribun Batam dalam Membangun Persepsi Masyarakat di Kota Batam : (Studi Pemberitaan Implementasi Kawasan Ekonomi Khusus)
Abstract
Perubahan kebijakan pembangunan ekonomi mengenai penetapan kawasan batam dari kawasan FTZ (Free Trade Zone) berganti menjadi KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) banyak menuai pro dan kontra. Media massa dalam hal ini harian Tribun Batam yang memiliki oplah lebih dari 30.000 eksemplar memiliki peran penting dalam mentransformasikan perubahan kebijakan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui hubungan antara agenda media dengan kredibilitas media massa cetak pada Harian Tribun Batam dalam pemberitaan implementasi kebijakan KEK, 2) Mengetahui hubungan antara agenda public dengan kredibilitas media massa cetak pada Harian Tribun Batam dalam pemberitaan implementasi kebijakan KEK, 3) Mengetahui hubungan kredibilitas media massa Harian Tribun Batam dengan persepsi masyarakat dalam pemberitaan implementasi kebijakan KEK. Jenis Penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasi dengan pendekatan kuantitatif dan metode survei. Lokasi dan objek penelitian dipilih secara purposive (sengaja) dimana Kota Batam merupakan kota yang diberikan keistimewaan status kawasan yakni Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Sampel berjumlah 399 orang yang ditentukan berdasarkan cluster random sampling. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dan dianalisis menggunakan korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan yang sangat nyata antara agenda media dengan kredibilitas media dimana nilai korelasi rank spearman rs= 0.405**, hubungan sangat nyata antara agenda publik dengan kredibilitas media dan nilai korelasi ranks spearman rs=0.405**, hubungan sangat nyata antara kredibilitas media dengan persepsi masyarakat pada nilai korelasi rank spearman rs= 0.492** untuk pemberitaan implementasi KEK di Harian Tribun Batam.Kata Kunci : Agenda setting, kredibilitas media, persepsi dan Harian Tribun BatamDownloads
References
er, R.B., & Rodman G. 2009. Understanding Human Communication. New York : Holt, Tinehart and Winston
McQuail, Dennis. 2009. Mass Communication Theory. London : Stage Publication, Ltd.Mulyana, Dedy.2000. Ilmu Komunikasi, Pengantar. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Mulyana, Dedy.2000. Ilmu Komunikasi, Pengantar. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Mutolib, A., Yonariza., Mahdi, dan Ismono, H. 2016. Gender Inequality and the Oppression of Women within Minangkabau Matrilineal Society: A Case Study of the Management of Ulayat Forest Land in Nagari Bonjol, Dharmasraya District, West Sumatra Province, Indonesia. Asian women, vol. 32, no. 3, pp. 23–49, 2016..
Purba, Pandapotan T. 2015. Bappenas Call For Paper And International Conference, Implementing Nawacita: Strategies And Policies, April-Agustus 2015
Putri, Dianingtyas Murtanti.2013.Peran Media Online Dalam Pembangunan Provinsi Banten Journal Communication Spectrum.Renzulli, Ardha. 2012. Hubungan Faktor Kredibilitas Media Terhadap Aktivitas Akses Berita Online Berdasarkan Segmentasi Psikografis. Thesis.Universitas Indonesia.
Rakhmat, Jalaludin. 2003. Psikologi Komunikasi. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Renzulli, Ardha. 2012. Hubungan Faktor Kredibilitas Media Terhadap Aktivitas Akses Berita Online Berdasarkan Segmentasi Psikografis. Thesis. Universitas Indonesia.
Riduwan. 2010. Rumus Dan Data Dalam Analisis Statistika. Bandung : AlfabetaSeverin, Werner J dan James W.Tankard. 2005. Teori Komunikasi. Kencana. Jakarta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta
Tawaang, Felix. 2015.Agenda Media Suratkabar (Analisis Isi Suratkabar Ibukota)/Newspapers Media Agenda (The Capital Newspapers Content Analysis), Peneliti Bppki Jakarta Badan Litbang Sdm Kementerian Kominfo Ri, Jp Komunikasi.
Widodo, Rachmat. Skripsi. Kredibilitas Pemberitaan Pada Portal Berita Online Vivanews.Com. UNDIP. 2012.
Wood, Julia. T. 1997. Communication in Our Lives. Washington : Wadsworth Publishing Company.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).