Pengaruh Bauran Pemasaran Produk (Marketing Mix 7p) Terhadap Minat Beli Konsumen pada UMKM Emping Melinjo Karya Bunda, Kabupaten Pesawaran

The Effect of Product Marketing Mix (Marketing Mix 7p) on Consumer Purchase Interest in Emping Melinjo Karya Bunda UMKM, Pesawaran Regency

  • Nuni Anggraini Program Studi Pengelolaan Agribisnis, Jurusan Ekonomi dan Bisnis, Politeknik Negeri Lampng
  • Edy Humaidi Program Studi Pengelolaan Agribisnis, Jurusan Ekonomi dan Bisnis, Politeknik Negeri Lampng
  • Bina Unteawati Program Studi Pengelolaan Agribisnis, Jurusan Ekonomi dan Bisnis, Politeknik Negeri Lampng
  • Radefi Rahmadiza Program Studi Pengelolaan Agribisnis, Jurusan Ekonomi dan Bisnis, Politeknik Negeri Lampung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran (marketing mix 7P) terhadap minat beli konsumen produk Emping Melinjo Karya Bunda di Desa Bernung Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode campuran, yang meliputi metode kualitatif untuk menggambarkan bauran pemasaran dan metode kuantitatif dengan analisis SEM-PLS untuk mengetahui pengaruh variabel bauran pemasaran terhadap minat beli konsumen. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 35 konsumen akhir yang membeli produk secara langsung di Toko Emping Melinjo Karya Bunda. Hasil penelitian ini adalah variabel produk dan masyarakat mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat beli konsumen emping melinjo Karya Bunda. Variabel produk terhadap minat beli konsumen dari hasil bootstrapping diperoleh P-value sebesar 0,025 < 0,05 sehingga keputusannya menerima Ha yang artinya produk berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen dan variabel people terhadap minat beli konsumen dari hasil bootstrapping diperoleh P-value sebesar 0,042 < 0,05 sehingga keputusannya menerima Ha yang artinya masyarakat berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen, sedangkan variabel harga, tempat, promosi, bukti fisik dan proses tidak berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen. berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen emping melinjo Karya Bunda.   Kata kunci: Bauran Pemasaran, Emping Melinjo, SEM-PLS

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-12-05
How to Cite
Anggraini, N., Humaidi, E., Unteawati, B., & Rahmadiza, R. (2024). Pengaruh Bauran Pemasaran Produk (Marketing Mix 7p) Terhadap Minat Beli Konsumen pada UMKM Emping Melinjo Karya Bunda, Kabupaten Pesawaran. Suluh Pembangunan : Journal of Extension and Development, 6(03), 225-234. https://doi.org/10.23960/jsp.Vol6.No3.2024.332