Pendampingan Pelatihan dan Pengembangan Keterampilan Kompetensi pada Peserta Didik LPK Nata Academy
Evaluation of The Training and Competency Skills Development Program at LPK Nata Academy Students
Abstract
ABSTRAKPendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi merupakan hal yang mendesak dalam rangka mewujudkan tatanan masyarakat informasi Indonesia sebagai bagian dari masyarakat informasi dunia. Hal ini menuntut tersedianya sumberdaya manusia yang kompeten dalam mengoperasikan, mengaplikasikan serta mengembangkan infrasruktur teknologi informasi yang tersedia. Sebagai sebuah proses yang kompleks, pendampingan pelatihan dan pengembangan keterampilan masyarakat informasi yang kompeten perlu dilaksanakan secara terstruktur. Nata Academy merupakan Lembaga Pelatihan Multimedia yang selalu mengikuti pertumbuhan dan perkembagan teknologi informasi secara berkesinambungan. Perspektif masyarakat informasi yang kompeten dapat dicapai dengan mengatasi tantangan dalam program pelatihan agar tercapai pendampingan pelatihan yang optimal. Penelitian ini bertujuan menganalisis pendekatan Tyler dalam pengembangan program pendampingan dan pengembagan keterampilan multimedia pada LPK Nata Academy. Metode pengumpulan data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil studi menunjukkan perlu diterapkan empat tahap pengalaman belajar diantaranya; tahap prapelatiha, tahap teori atau pelatihan, tahap proyek, tahap pasca pelatihan.Keywords: evaluasi , kompetensi, model tyler.Downloads
Download data is not yet available.
Published
2024-08-09
How to Cite
Hidayat, R., Feriyanti, Y., Indriani, I., & Roza, A. (2024). Pendampingan Pelatihan dan Pengembangan Keterampilan Kompetensi pada Peserta Didik LPK Nata Academy. Suluh Pembangunan : Journal of Extension and Development, 6(2), 126-134. https://doi.org/10.23960/jsp.Vol6.No02.2024.229
Section
Articles
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).