Pembangunan Sumber Daya Manusia dengan penyuluhan berkolaborasi dengan industri: perspektif peserta
Abstract
Pendidikan vokasional merupakan pendidikan yang berfokus pada penyiapan kapital seseorang untuk mengisi kebutuhan pekerjaan. CNC merupakan salah satu materi yang masih menjadi kebutuhan dari indusri dikarenakan penggunaan mesin berbasis CNC yang massif. Pembelajaran vokasi yang efektif merupakan pembelajaran yang mampu memberikan pengalaman yang real dan sesuai dengan keadaannyata di industri. Salah satu inovasi pembelaajran yang dilakukan adalah menghadirkan pengajar dari industri. Tujuan dari penelitian ini adalah menggali persepsi dari peserta didik dalam pengalaman belajar yang pengajarnya berkolaborasi dengan praktisi industri. penelitian ini adalah penelitian survey yang mengunakan instrument berupa angket kuisioner dan pertanyaan terbuka. Respon penelitian ini merupakan 80 peserta didik yang berpartisipasi penuh dalam kelas yang pengajarnya berkolaborasi dengan industri. Analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatf. Hasil yang didapat adalah persepsi dari perserta didik pengajar berkolaborasi dengan industri menunjukan persepsi sangat baik (49%), baik (39%) dan cukup (12%). Sedangkan pada persepsi umum dari perserta didik terhadap pembelajaran dengan pengajar berkolaborasi dengan industri adalah sangat baik (64%) dan baik (36%).Downloads
Download data is not yet available.
Published
2023-04-05
How to Cite
Abdillah, H. (2023). Pembangunan Sumber Daya Manusia dengan penyuluhan berkolaborasi dengan industri: perspektif peserta. Suluh Pembangunan : Journal of Extension and Development, 4(03), 168-173. https://doi.org/10.23960/jsp.Vol4.No3.2022.202
Section
Articles
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





